Kamis, 06 Februari 2014

KRS oh KRS...

                Setiap mau masuk awal semester, pasti Sistem Akademik Mahasiswa (SIAM) bakal dikunjungi oleh ratusa mahasiswa buat ngecek status akademik dan ngurus KRS. Enaknya kuliah itu, kita bisa menentukan jadwal dan ngambil mata kuliah yang di inginkan (walaupun tergantung dari jumlah IP semester sebelumnya) namun untuk mahasiswa yang masih semester 2 KRS masih dipaketkan (kebijakan fakultas ku begitu). Selain itu, kalo nyusun KRS sendiri, kita bisa sekelas sama teman yang udah akrab. Gak kayak pas sekolah dulu yang jadwal dan masih di tentukan sama guru.

                Maka dari itu, aku dan “kelompok belajar” ku, Uler Keket, menyusun jadwal sedemikian rupa sehingga perkuliahan berjalan sesuai rencana yang diharapkan sejak seminggu sebelum KRS dimulai. Nah, semester sebelumnya kita buat grup dan untuk semester ini kita hanya membuat chat grup karena lebih simpel dan privasinya terjaga.  
KRS oh KRS...
Jadwal KRS ONLINE tiap angkatan
KRS oh KRS...
Karena terlalu vulgar, percakapannya jadi warna putih :D
dan kalo ninggalin chatgroup buat beberapa menit bakal kayak gini :D
KRS oh KRS...
Sampe segitunya
Selain membahas masalah jadwal, biasanya mereka membahas situs parni ato gak kimcil, sedangkan aku cuman jadi pengamat tok dan cuman chat sedikit doang, huehehehe. Setelah perundinga yang alot dan menguras energi maupun waktu akhirnya jadwal rencana sudah jadi dan siap di susun
KRS oh KRS...
Jadwal indah

Selasa, 4 Pebruari 2014 pukul 22:00 WIB
                Aku, Bram, Tyo, Anas, Anggia, dan Fajar sudah ngumpul di kost nya Anggit. Karena internet di tempat Anggit lebih kenceng daripada internet di kost ku. Selagi menunggu jam 00:00 kami menyusun strategi serta memasang addon yang berguna di browser. Dan untungnya si Anas punya strategi yang bagus. Bermodalkan pengalaman semester lalu, dia membagi script untuk penambahan mata kuliah yang lebih cepat.
Contoh Script untuk Pemrograman Web (edited)
Cara kerjanya ialah kita Cuman perlu masukkin script itu ke web address dan tekan enter. Maka otomatis mata kuliah langsung terpilih sehingga gak perlu susah scroll-scroll buat milih mata kuliah. Hmmm clever boy.

Rabu, 5 Pebruari 2014 pukul 00:02 WIB
                “Rek, wes iso KRS e,” pekik temenku cempreng. Langsung aja aku pilih mata kuliah namun masih dengan cara manual. Tapi setelah milih matkul koq gak ada perubahan. Ternyata pas aku lihat di facebook maupun twitter teman-teman juga mengeluhkan hal yang sama. Wah, sistem nya kacrut nih.                             Setengah jam kemudian, sistem kembali normal. Aku pun langsung pake cara otomatis seperti di atas. Dan apa yang terjadi?
KRS oh KRS...
Kampret!
Akhirnya aku pilih dengan cara manual dan hasilnya begini
KRS oh KRS...
fully-loaded!
Waduhh. Piye iki koq kelas penuh? Akhirnya aku milih kelas C matkul Pemrograman Web. Gak hanya itu aja, ternyata aku Desain Analisis Algoritma (DAA) kena hari jum’at jam 7 pagi pula.
                “Rek, aku DAA dapet kelas G hari jum’at.”
                “waduh, rek si Miftah beda kelas. Ayo pindah,” bilang Tyo
Dan akhirnya teman-teman pada ikut aku semua. Sorry ya rek,  that wasn’t supposed to happen.  Gara-gara sistem kacrut sama kehabisan kelas ini :’(. Selain itu, masalah juga terjadi saat mau ngambil matkul Pengenalan Pola yang di SIAM harus ngambil matkul prasyarat dulu. padahal kan prasyaratnya udah kita ambil semester lalu. Akhirnya kita harus nunggu sampe besok pagi.
                Selagi nunggu, aku juga mencoba untuk mengambil kesempatan buat merubah kelas atas saran teman-teman. Setelah berpikir agak lama aku coba aja. Setelah aku lakukan ternyata aku malah dapet kelas yang lebih jauh yaitu Pemrograman Web kelas J. Ya sudah, sebenernya pengen coba lagi tapi daripada bener-bener gak dapet kelas sama sekali lebih baik terima apa adanya. Akhirnya kami pun istirahat dengan tidak tenang
capek bro!
Rabu, 5 Pebruari 2014 pukul 9 pagi WIB
                Akhirnya Pengenalan Pola bisa diambil. Dan setelah dikumpulin ternyata ada beberapa yang berbeda terutama Sukma yang berani mengambil kelas yang bener-bener berbeda dari kami.
KRS oh KRS...
Jadwal Sukma
Dan untuk Pengenalan Pola juga beda kelas dikarenakan kalo gambil kelas bareng temen-temen jadwalnya bentrok. Sedangkan aku cuman Pemrograman Web tok yang beda.
KRS oh KRS...
Jadwal Miftah
Dan ini jadwalnya temen-temen.
KRS oh KRS...
Jadwal temen-temen

 Yah semoga aja walaupun beda-beda tapi bisa tetap saling membantu, belajar, dan menyontek bersama, hehehe. 

2 komentar: