Senin, 14 Oktober 2013

Logicio Choir: Le Spectacle!

logic-choir-student-PTIIK
Logicio Choir angkatan 2012

Logicio Choir adalah Paduan Suara Mahasiswa (PSM) PTIIK yang telah tampil untuk kedua kalinya di Olimpiade Brawijaya 2013 (OB 2013). Ini juga  merupakan penampilan pertama mahasiswa angkatan 2012 serta penampilan pertama ku sejak 7 tahun yang lalu tampil sebagai paduan suara tingkat RT.  Dalam OB 2013 kali ini, PSM di wajibkan membawakan 3 lagu, yaitu lagu “Hymne Brawijaya”, lagu renaissance, dan lagu pop. Berikut resensinya:
1.       Hymne Brawijaya
Lagu wajib yang dinyanyikan saat Pengenalan Kehidupan kampus Universitas Brawijaya (PK2MU) dan wisuda ini bagi ku merupakan lagu yang paling sulit diantara dua lagu pilihan yang di lombakan. Pasalnya saat menyanyikan lagu ini nafas gak boleh putus dan high-notes untuk tenor dan sopran yang cukup tinggi. Awalnya pada bagian “O Brawijaya luhur citanya, luhur tujuannya aku pake falsetto, tapi setelah beberapa kali latihan akhirnya bisa tanpa falsetto biarpun suaranya rada ngotot. Huehuehue.

2.       Il est bel et bon (oleh Pierre Passereau)
Lagu berbahasa Prancis ini yang kalo menurut penelusuran ku menceritakan tentang seorang suami yang baik dan selalu memberi makan ayam-ayam peliharaannya. Makanya di liriknya ada kata-kata “Co, co, co, co, dac, petite coquette, qu'est ceci?” yang kalo di gabungin jadi kayak suara ayam Prancis lagi berkokok dan berkotek. Lagu ini menurutku gampang-gampang susah. Nada nya sih gak begitu tinggi, tapi yang bikin susah pas ngatur tempo dan antara sopran, tenor, alto, dan bass karena harus seperti sahut-sahutan. Kalo misalnya nyanyi lagu ini telat 1 detik aja, pasti lagunya langsung berantakan.

3.       When You Believe (karya Stephen Schwartz)
Terus lagu yang merupakan soundtrack dari film Prince of Egypt menjadi lagu pop yang kami nyanyikan saat kompetisi. Karena lagu ini aslinya adalah lagu pop, kadang-kadang pas nyanyi jadi kebawa versi aslinya yang dibawakan secara duet oleh Mariah Carey dan Whitney Houston, hehehe. Yang bikin susah dari lagu ini adalah, nafas saat menyanyi harus panjaaaang. Kalo misalnya nafasnya udah gak nyampe, harus gantian sama temen pas nyanyi, terus pas bagian bahasa Ibrani itu awalnya agak sulit juga sih menurutku.


                Kalian tahu, buat mempelajari 3 lagu diatas, kami cuman punya waktu sebulan, ya SEBULAN, sodara-sodara. Walaupun beberapa dari kami udah ada yang mempelajari Hymne UB walaupun hanya sebentar dan sekedar hapal liriknya doang. Latihan pertama kalo gak salah di mulai 12 September 2013. kami latihan seminggu 2 sampe 3 kali dengan lama latihan sekitar 2 jam untuk satu sesi, pas sudah mendekati hari-H, intensitas latihan di naikkan menjadi 4 kali setiap sore jam 3 an atau malem habis maghrib.

              Jumlah personil Logicio Choir untuk mengikuti OB 2013 kemaren hanya berjumlah 22 orang saja. Terdiri dari 10 sopran, 6 alto, 2 tenor, 2 bass, serta seorang conductor dan seorang pemusik. Ngepress sekali, kan? Gak masalah yang penting ada pesertanya \m/. Saat latihan, biasanya mas Faiz yang ngelatih atau kadang mas Anthony. (maaf ya mas kalo udah ngambil foto tanpa izin. Biar keliatan natural. hehe)
pelatih
Mas Faiz lagi memberi nada dasar
conductor-music
mas Anthony lagi ngapain tuh?
Langsung kita skip aja ya liputannya sampe ke uji coba panggung.


                UJI COBA PANGGUNG (UCP)
                Hari kamis, 10 Oktober 2013 tepatnya H-1. Setiap PSM fakultas diwajibkan untuk melakukan uji coba panggung. Hal ini dilakukan untuk mencoba panggung (yaiyalah). Ibaratnya mungkin seperti check-sound atau simulasi saat tampil di depan penonton. Sebelumnya, kami melakukan pemanasan di BIOS sekitar jam 2 siang. Setelah itu kami menuju gedung Widyaloka untuk melakukan UCP.

mahasiswa
"yaaa...tidakkk!!!....bisa jadi..bisa jadii"

mahasiswa
Pada nonton yang cewek-cewek yang diatas

baju-kontingen-PTIIK-UB
Aseekk, di kasih pinjemin kaos buat UCP hihihi

gladi-bersih-mahasiswa
Lagi nunggu giliran UCP

gladi-bersih-mahasiswa
si Bella kayaknya sadar kalo di foto

gladi-bersih-mahasiswa
Lagi ngobrol sama ketua Logicio Choir. Mas Penusa

 Logicio choir mendapat gilirian sekitar jam 4 sore. Setiap PSM diberi waktu 12 menit untuk menggunakan panggung layaknya tampil sungguhan di depan penonton. Setelah UCP, kami kemudian kembali ke BIOS untuk latihan lagi sama mas Faiz sampe jam 9:10 malam.

             4 Jam sebelum tampil
                  Hari jum’at, 11 Oktober 2013. Habis sholat jum’at di masjid kampus, aku langsung ngacir ke BIOS. Ternyata disana sudah banyak yang dateng, terutama para cewek yang sudah hadir dari jam 8 pagi untuk di make-up in. Wow, mereka terlihat lebih cetar membahana byutipul. Yang biasanya kalo latian muka nya mbengus-mbengus dan rembes kini jadi kayak artis ibu kota, cihuy. 


makeup-artis
"Ape lu liat-liat?"


mbak Ninok lagi sibuk ngasih eyeliner

make-up-dandan

makeup-dandan
pada sibuk semua

choir-cantik-paduan-suara
suit suitt (maap ye kalo hasil fotonya gak begitu bagus)
Setelah naro tas, aku di suruh cuci muka dan di make-up in juga... WUT? Make-up? Katanya sih biar mukanya gak berminyak di panggung. Yowes aku manut ae. Sambil nunggu di jemput panitia, kami pemanasan dan latihan lagi untuk memantapkan suara. Karena kita urutan ke 11 dari 13 peserta, maka waktu kita untuk pemanasan dan siap-siap lebih lama. Sekitar jam 3:30, akhirnya panitia OB datang dan menggiring kita ke gedung Widyaloka. 

                Beberapa saat sebelum tampil
                Di Widyaloka, kami disuruh nunggu lagi di transit 1. Di transit 1 peserta tidak boleh melakukan pemanasan. Setelah itu, kami di bawa ke transit 2, di sana kita diberi waktu kurang lebih 10 menit untuk melakukan pemanasan singkat dan menyanyikan 3 lagu diatas. Usai pemanasan, kami di bawa ke belakang panggung untuk menghibur penonton. Rasa gugup pun mulai datang.

                Le Spectacle!
                Akhirnya, tibalah saat yang ditunggu-tunggu. Kami naik keatas panggung diiringi tepuk tangan penonton. Ketika aku lihat kebelakang, ternyata foto kami terpampang di proyektor, wow. Dengan rasa percaya diri kami menampilkan yang terbaik. Berikut rekaman suara saat kami tampil (thanks to mas Andrias aka papibernard) 


choir-paduan-suara-PTIIK-UB
sebelum dan sesudah tampil
                Setelah tampil
                Alhamdulillah, akhirnya selesai juga. Akhirnya kami sukses telah berusaha semaksimal mungkin dan menghibur penonton. Setelah show kami semua foto-foto lagi sambil menunggu pengumuman.

                Pengumuman
                Setelah istirahat dan sholat maghrib, para peserta di persilakan untuk masuk ke gedung untuk mengetahui hasil kompetisi. Setelah mendengarkan sambutan MC dan wejangan dari para juri. Akhirnya diumumkanlah juara ketiga sampai juara pertama. Yah, kalo juara sih gak begitu berharap tapi ya dagdigdug juga jantung ku, hihihi. Juara ketiga ternyata di raih oleh FK, terus FISIP juara kedua. Terus juri (yang ngumumin pemenangnya adalah juri) melanjutkan,
                “Untuk juara pertama diraih oleh fakultas...”
                “Wah siapa ya?”, pikirku.
                “Fakultas Teknologi...,”
                “wah ini pasti Fakultas Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer ,” pikirku geer
                “...Pertanian.”
                *gedubrak
Sontak saja grup choir nya FTP bersorak riang gembira. Heboh sekali. Yah, mungkin emang belum rejeki kali ya. Yang penting udah maksimal. Juara itu bonus. Setelah itu acara ditutup. Lha? Peringkatnya koq gak di umumin?
Setelah itu aku dan temen-temen balik lagi ke BIOS sambil nunggu peingkat. Setelah sampe di BIOS ternyata mas Penusa udah sampe duluan. Langsung aja aku tanya,
                “Mas, kita peringkat berapa?” tanyaku antusias
Dia langsung ngacungin jari telunjuk kanan sama telunjuk kiri.
                “yang bener, mas?”
                “Iya. Kita juara 3 dari bawah alias peringkat 11,” jawabnya.
                “oalah, tak kira masuk 5 besar, ” jawabku masih gak begitu percaya.
                “gak papa yang penting kalian udah optimal.”
Aku sedikit kecewa sih, tapi apa mau dikata. Untuk event selanjutnya, semua hal harus lebih dipersiapkan  lagi.

                Terima kasih buat mas Penusa yang selalu setia jarkomin kita-kita buat latihan. Terima kasih buat mas Faiz, mas Anthony, mas Redi atas ilmu dan pengalaman yang udah kalian bagi. Dan untuk kawan-kawan ku semua...tetap semangat ya!!!!

2 komentar:

  1. hehehe itu banyak amat 229 org? hehhe. cmiiw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh... itu bukan 229, tapi 220 terus yang 0 nya d coret jadi tinggal 22 orang. Biar keliatan lebih dramatis hehe.
      terima kasih udah mampir :)

      Hapus