Rabu, 09 Oktober 2013

Informasi yang Harus Diketahui dalam Merancang Keyboard


keyboard


Untuk mendesain sebuah keyboard, informasi yang harus diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Susunan huruf/karakter pada keyboard
    Susunan huruf/karakter yang sesuai sangat diperlukan untuk keefisienan dalam pengetikan. Contoh: keyboard QWERTY. Walaupun menurut penelitian, keyboard QWERTY bukan merupakan yang terbaik dalam desain keyboard. Namun karena orang-orang sudah terbiasa dengan QWERTY, maka orang-orang enggan untuk menggunakan keyboard dengan desain yang berbeda. Keyboard yang baik juga harus memiliki beberapa tombol shortcut untuk memudahkan user dalam mengoprasikan komputer

  1. Bahan keyboard.
    Bahan keyboard juga harus kuat dan anti-slip sehingga dapat meminimalkan terjadinya kesalahan dalam pengetikan.
  1. Warna
    Jangan menggunakan warna keyboard yang mencolok, hal ini dapat mengurangi efisiensi mata dalam menggunakan keyboard. Lebih baik pilih warna hitam, putih, atau perak pada keyboard. Warna karakter/huruf pada keyboard juga harus kontras dari warna keybord. contoh warna keyboard hitam dengan warna huruf/karakter putih.
  1. Bentuk dan dimensi
    Pastikan agar anda memilih keyboard yang nyaman digunakan. Saat ini, beberapa produsen keyboard bahkan memproduksi keyboard dengan menyertakan bantalan (wrist pad) yang menyatu dengan keyboad sehingga tangan menjadi lebih nyaman pada saat mengetik. Ada juga keyboard yang sudah built-in dengan mouse-pad.
  1. Mekanisme tombol
    Keyboard murah biasanya menggunakan mekanisme silicon dome dengan menempatkan dua lapisan silikon sehingga seperti ada rasa pantulan karet ketika kita menekan tombol. Keyboard ini terbilang murah. Sementara, mekanisme tombol scissor menggunakan sebuah penyeimbang mekanik untuk menciptakan tekanan tombol yang nyaman dan seimbang di segala sisi. Keyboard ini sangat Untuk keyboard tombol mekanikal biasanya menggunakan pegas di balik masing-masing tombol. Hal ini bisa membuat awet keyboard hingga puluhan juta ketikan. Keyboard ini cocok untuk memainkan game.

    6. Disabilitas
    Untuk user yang memiliki kekurangan dibuatkan keyboard yang sesuai dengan kebutuhan orang tersebut
    keyboard-disabilitas-orang


Sumber: sumber 1 sumber 2

Anggota kelompok 2:
1. Antoni Rahardian L     125150107111005
2. Fredianto                    125150200111069
3. Miftah Ashari              125150207111011
4. M. Khabibul Karim     125150207111095
5. M. Syafiq                    125150200111112

Tidak ada komentar:

Posting Komentar