Selasa, 30 Juli 2013

Balikpapan: Tempat Uang dan Membuang Uang

         Wah udah sebulan lebih aku liburan di kota halaman tercinta, Balikpapan setelah kurang lebih 10 bulan menetap di kota Malang. Ternyata selama aku tinggal gak begitu banyak berubah. Oya, orang-orang bilang kalo kota Balikpapan itu merupakan salah satu kota terkaya lho. Banyak perusahaan-perusahaan asing yang berdiri di Balikpapan, tepatnya di daerah Gunung Bakaran, Batakan, dan Manggar. Banyak para pendatang dari luar Balikpapan berdatangan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut, walaupun gak semuanya. Ada juga yang datang untuk berdagang, dan lain-lain. Pendapatan di kota Balikpapan  cukup tinggi, sehingga banyak orang pergi  ke Balikpapan untuk mencari rezeki.
          Namun, yang perlu digaris bawahi adalah pendapatan tinggi juga di ikuti jumlah pengeluaran yang besar juga. Karena harga-harga di kota yang memiliki maskot beruang madu ini mahal. Hal ini disebabkan hampir 90% barang yang ada di Balikpapan merupakan kiriman dari Jawa dan Sulawesi. untuk makan 3 kali sehari saja udah menghabiskan dana kurang lebih 50 ribu. Harga makanan di sana rata-rata diatas 10 ribu dan tidak termasuk minum. Apalagi semenjak BBM naik sekitar bulan Juni kemaren, wuih mahalnya gila-gilaan, hihihi. Disini mana ada gorengan yang harganya 500 rupiah, palling murah ya 1000rupiah tapi jarang. Untuk tarif angkutan kota juga terbilang mahal dengan tarif sekitar Rp 4.000,- tapi ya untungnya kebanyakan angkotnya bersih dan nyaman.  Terus rata-rata harga bensin di pertamini sekitar 8000/botol tapi ya isinya penuh dong. Maka dari itu banyak perantau yang kaget ketika mengetahui harga-harga fantastis tersebut. 

rage-shock-mahal-balikpapan
Hah? Mahal banget!!!
Sedangkan warga Balikpapan yang pergi ke Jawa juga kaget mengetahui harga barang yang lebih murah. 

rage-senang-murah-balikpapan
Murah banget!!1

Bagi warga yang sudah lama tinggal di Balikpapan, harga segitu sih udah jadi santapan sehari-hari.

       Walaupun mahal, kota Balikpapan merupakan kota yang bersih, indah, aman dan nyaman seperti slogannya BALIKPAPAN KOTA BERIMAN walaupun panas dan sering mengalami mati lampu listrik padam selama berjam-jam. Jika dilihat sepanjang jalan, tidak ada yang namanya sampah bertebaran. Membuang sampah rumah tangga di kota ini gak bisa sembarangan, lho karena sudah di tetapkan jadwal untuk membuang sampah sekitar jam 18.00  sampai jam 06.00. tak heran kota Balikpapan sering mendapat penghargaan adipura kencana, salut.
        
      Foto-foto tentang kota Balikpapan:

balikpapan-bandara-sepinggan-bersih-panas
Depan Bandara Sepinggan. Bersih kan?

gunung-dubs-pertamina-balikpapan
Gunung Dubs, Perumahan Pertamina

monumen-monpera-balikpapan
Monumen Perjuangan Rakyat

belakang-rumah-sepinggan-balikapapn
Belakang rumah. Cerah dan panas

balikpapan-tukung-melawai-indah-mahal
Pulau Tukung, Melawai

bendali-waduk-balikpapan
BENDALI 1

pasar-manggar-balikpapan-senja-sore-mahal
Pasar Manggar

wisata-balikpapan-pantai-manggar
Pantai Manggar

 Kesimpulannya, hidup di Balikpapan itu tidak semudah membalik-papan, hihihi

3 komentar: