Jumat, 19 Juli 2013

[REVIEW] Stripped (album dari Christina Aguilera )

christina-aguilera-stripped-indonesia
Indonesia's Slipcase edition cover
christina-aguilera-stripped-arab-sensor
Saudi Arabia' censored edition cover
Kali ini, aku akan mereview album ke-4 dari Christina Aguilera yang bertajuk Stripped. Album ini dirilis secara internasional pada tanggal 2 Oktober 2002 ole RCA Records. Walaupun udah satu dekade, menurutku album ini merupakan album terbaik dari Christina Aguilera. Lagu pada album Stripped memiliki beberapa genre seperti R&B, pop, hip hop,soul, dan rock. Berikut merupakan tracklist pada Stripped:


1. Stripped Intro
2. Can't Hold Us Down (bersama Lil’ Kim)
3. Walk Away
4. Fighter
5. Primer Amor (Interlude)
6. Infatuation
7. Loves Embrace (Interlude)
8. Loving Me 4 Me
9. Impossible
10. Underappreciated
11. Beautiful
12. Make Over
13. Cruz
14. Soar
15. Get Mine, Get Yours
16. Dirrty (bersama Redman)
17. Stripped Pt.2
18. The Voice Within
19. I’m OK
20. Keep On Singing My Song

Menurutku lagu-lagu di album ini seperti memeiliki cerita dan saling bertautan antara lagu yang satu ke lagu yang lainnya. Hmmm ayo kita bahas lagunya satu-persatu.

  1. Stripped Intro
    Album dibuka dengan intro yang apik. Christina memperkenalkan dirinya sebagai pribadi yang baru, berani, dan liar.
  1. Can’t Hold Us Down (bersama  Lil’ Kim)
    Lagu pertama pada album ini mengusung tema emansipasi wanita dan merupakan single terakhir pada album Stripped. Bersama Lil’ Kim, Christina membawakan lagu yang bergenre hip hop dan R&B ini dengan energik.
  1. Walk Away
    Lagu ballad pertama yang alunan pianonya sangat menyayat hati. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang sudah terjebak dalam suatu keadaan yang buruk namun sangat sulit untuk keluar dari keadaan tersebut. Walk Away  lagu favoritku karena komposisi musiknya yang misterius, “dingin”, dan sangat tepat sekali dengan liriknya yang mellow.
  1. Fighter
    Setelah ber ballad ria kita beralih ke lagu rock yang sangat energik dan meledak-ledak. Fighter merupakan lagu setelah track Walk away dan juga merupakan single dari album yang terjual sebanyak 12 juta kopi di seluruh dunia. Jika didengarkan dengan seksama. Bagian akhir lagu Walk Away dan awal lagu Fighter saling berikatan. Lagu  berirama pop rock ini mengisahkan tentang seseorang yang sudah disakiti namun dia berterima kasih karena itulah yang membuat dia menjadi lebih baik dan kuat.
  1. Primer Amor (Interlude)
    Interlude berbahasa spanyol dengan alunan gitar akustik yang menawan sebelum track “Infatuation”
  1. Infatuation
    Lagu keenam  pada album ini bernuansa latin. Lagu ini menceritakan ketika Christina jatuh cinta pada seorang penari latarnya yang bernama Jorge Santos
  1. Loves Embrace (Interlude)
    Interlude sebelum lagu “Loving Me 4 Me”
  1. Loving Me 4 Me
    Musiknya yang berirama ballad menurutku sangat terinspirasi dari alam. Sangat syahdu dan menggoda. Lagu ini kayaknya cocok buat pasangan yang baru pacaran atau menikah
  1. Impossible
    Bersama dengan Alicia Keys pada piano, Christina membuat lagu ini menjadi sangat anggun. Dengan irama jazz yang cukup kental, sangat cocok untuk lagu bersantai. Lagu ini menceritakan tentang mencintai seseorang yang sulit dimengerti
  1. Underappreciated
    Lagu yang berirama R&B ini merupakan antonim dari “Infatuation” dan “Loving Me 4 Me”. Berkisah tentang kehidupan cinta yang udah mulai berakhir.
  1. Beautiful
    Merupakan single kedua dan the heart of the album. “Beautiful” membawa Christina memenangkan Grammy Awards 2004 untuk kategori Best female pop vocal performance. “Beautiful” mengusung tema anti-bullying and self-empowerment. Berkolaborasi dengan Linda Perry sebagai komposer, Christina membawakan lagu ini dengan brilian dan apik.
  1. Make Over
    Lagu yang berirama pop-rock dengan
    high-pitch pada bagian chorus yang memancing perhatian ini berkisah tentang seseorang yang melarikan diri dari hidup kejam ini. Hihihi
  1. Cruz
    Setelah mendengarkan lagu yang cukup keras, kita di bawa ke track dengan irama ballad yang santai. Cruz yang berarti cross dalam bahasa Inggris berkisah tentang keinginan untuk merantau dan memulai kehidupan yang baru. (soundtrack pas mau pergi ke Malang nih, hahaha)
  1. Soar
    Merupakan kelanjutan dari lagu “Cruz” dan lagu ini masih memiliki irama pop yang enak di dengar.
  1. Get Mine, Get Yours
    Lagu bergenre R&B yang sangat sexy. We make love but don’t fall in love dan I want your body, not your heart merupakan inti dari lagu ini. Hahaha
  1. Dirrty (Bersama Redman)
    Single pertama dari album stripped. Lagu ini merupakan titik perubahan image Christina dari cewek baik-baik menjadi cewek liar tak terkendali. Dengan irama dance, hardcore dan R&B. Lirik pada lagu ini sarat dengan muatan seksual namun musiknya asik untuk berajojing ria.
  1. Stripped Pt. 2
    Merupakan interlude dan  kelanjutan dari “Stripped Intro” untuk memasuki 3 lagu ballad terakhir.
  1. The Voice Within
    Lagu ballad dengan dentingan piano yang lembut pada bagian intro sangat melenakan telinga pendengarnya. Lagu ini mengajarkan kita untuk percaya dan yakin pada diri sendiri bahwa seberat apapun masalah kita dan asal kita yakin pasti kita akan mampu menyelesaikannya
  1. I’m OK
    Lagu yang langsung bertautan dengan “The Voice Within”. Dengan irama gitar dan biola akustik  yang menyentuh hati, Christina menceritakan masa kecilnya yang pedih saat ayahnya melakukan kekerasan rumah tangga terhadap ibunya melalui lagu ballad yang memukau ini.
  1.  Keep On Singing My Song
    Merupakan track penutup pada album Stripped. Berkolaborasi dengan gospel choir, Christina membawa lagu ini sebagai penutup dan kisah kebahagian atau kemenangan setelah melewati berbagai kesulitan. Hal yang sangat melekat ialah pada saat bagian bridge, Christina melakukan belting selama kurang lebih 13 detik. Amazing.


Demikianlah review album Stripped dari saya. Mohon maaf bila terjadi kesalahan karena saya masih awam dalam soal musik. Semoga terhibur :-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar