Selasa, 21 Mei 2013

Aku Cinta Bahasa Indonesia


aku-cinta-bahasa-indonesia

Tulisan ini aku buat berdasarkan pikiran, pandangan dan beberapa sumber yang aku pelajarin. Tulisan ini juga merupakan pengingat bagi ku bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan republik Indonesia. Tulisan ini hanya membahas penggunaan bahasa Indonesia dalam percakapan dan penulisan sehari-hari.

Dulu, pas semester 1, dosen bahasa Indonesia ku, bu Endang pernah bilang kurang lebih seperti ini,”Sekarang, kebanyakan  orang Indonesia kebanyakan ngomong pake bahasa Enggres Inggris  daripada pake bahasa Indonesia. padahal mereka tinggal di Indonesia”. Terus beliau melanjutkan,”Menurut mereka kalau pake bahasa Inggris itu supaya terlihat lebih keren”. Jleb. Kalimat beliau langsung menusuk hati ku emang dulu kalo aku ngomong  sama temen ku seringnya campur pake bahasa Inggris. Sekarang kalo aku perhatikan di sekitar ku banyak penggunaan bahasa Inggris. Mulai dari undangan, pamflet, spanduk, koran, dan lain-lain padahal media cetak tersebut di peruntukan untuk orang Indonesia dan parahnya terkadang gak ada terjemahan bahasa Indonesia nya sama sekali.
Sekitar 2 minggu yang lalu, aku ketemu temen ku anak sastra Inggris. Kebetulan dia punya tugas buat poster untuk sebuah acara. Aku salut sama dia karena dia memakai bahasa Indonesia walaupun dia anak sastra  Inggris. Dia bilang,”kan ini acaranya buat orang Indonesia, kalo kita selalu pake bahasa Inggris pas buat pengumuman, poster ato apapun yang acaranya buat orang Indonesia maka secara gak langsung kita di jajah sama bahasa Inggris”. Memang bahasa Inggris itu bahasa Internasional, kita juga harus mengerti bahasa Inggris tapi kalo kita ngomong bahasa Inggris sama orang Indonesia (kecuali kalo pas pelajaran bahasa Inggris, hihihi) apakah sesuai? Ya kalo bahasa Inggris nya lancar kayak air PDAM di kost ku lumayan lah, tapi kalo bahasa Inggrisnya kacrut? hehehe.
Aku juga udah mulai sering pake bahasa Indonesia. Dalam percakapan sehari-hari, di fesbuk, di blog, dan lain-lain. Malu dong sama orang, mereka aja mau belajar bahasa Indonesia, masa kita yang berbahasa Indonesia dari balita malah gak mau pake bahasa Indonesia. Salah satu penyanyi kebanggan Indonesia (walaupun sekarang berkewarganegaraan Prancis) Anggun masih setia menggunakan bahasa Indonesia jika dia bertandang ke Indonesia, bahakan dia tetap mempertahankan logat medok nya.

NKRI-aku-cinta-bahasa-indonesia

Berbahasa Inggris sih boleh saja. Tapi gunakanlah pada saat yang tepat seperti pas pelajaran/kuliah bahasa Inggris, berkomunikasi sama orang yang berbahasa Inggris atau asing, pidato internasional, atau ketika menemui kata-atau frasa yang tidak mungkin di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia dan lain-lain. Apakah kalian mau bahasa Indonesia punah? Maka dari itu mulai sekarang biasakan menggunakan bahasa Indonesia walaupun tidak begitu baku. Penggunaan bahasa daerah sebenarnya juga di bolehkan guna melestarikan bahasa daerah itu sendiri. Penulis minta maaf jika tulisan ini banyak salah, maklum masih pemula. Hehehe. Salam kecup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar