Minggu, 17 Maret 2013

Perjuangan Masuk Universitas (Bagian 2 - Habis)

Postingan ini adalah lanjutan dari kisah sebelumnya
7.  ITK, ITS, dan SPMK-UB
Well, setelah bersedih-sedih ria, bapak menyarankan aku untuk ikut ujian masuk ITK. ITK (Institut Teknologi Kalimantan) merupakan calon institut teknologi negeri baru yang akan di bangun di Balikpapan. Pada saat penerimaan, universitas ini baru menyediakan 5 jurusan yaitu, teknik elektro, teknik kimia, teknik mesin, teknik perkapalan, dan teknik sipil. Dengan bermodalkan uang sebesar Rp 500.000, berangkatlah aku ke bank mandiri untuk registrasi. Dengan keyakinan aku pilih teknik mesin pada pilihan pertama dan teknik elektro pada pilihan kedua. Tes dilaksanakan tanggal 14 Juli 2012 bertempat di SMA N 1 Balikpapan. Sistem penilaian masih sama dengan penilaian SNMPTN (benar = +4, salah = -1) dan tingkat kesulitannya pun sama dengan SNMPTN (huuuuuuu). Aku lupa mata pelajaran yang di ujikan hehe. Hasil seleksi di umumkan pada tanggal 19 Juli 2012 bersamaan dengan SPMK-UB (kita bahas pada poin berikutnya) . Selain daftar ke ITK, aku juga masukkin lamaran ke jalur mandiri ITS dengan pilihan jurusan teknik informatika dan teknik lingkungan. Biaya pendaftaran juga sama dengan  registrasi ITK. Pada jalur mandiri di ITS, kita tidak disuruh melakukan tes ulang. Kita hanya di suruh memasukkan nomor peserta SNMPTN karena pihak ITS akan menyeleksi lewat nilai SNMPTN. Oke, pada tanggal 19 Juli 2012 pengumuman tes ITK udah keluar, dan hasilnya apa sodara-sodara? Yup benar “Maaf nomor peserta xxxxx-xxxxx tidak diterima di ITS” kali ini aku gak nangis, soalnya masih punya harapan di ITS ama di UB. Ibu ku juga masih ragu sama ITK soalnya kan itu masih kampus baru. Oke deh gak papa.  Selanjutnya tanggal 21 Juli 2012, pas hari pertama puasa, ku buka lagi web ITS dan masukkin nomor registrasi beserta tanggal lahir dan apa hasilnya sodara???? GAK LOLOS LAGI!!!! Di sini sudah puncak kejenuhan ku.
ITS-pengumuman-jalur-mandiri

Perjuangan Masuk Universitas (Bagian 2 - Habis)


ENOUGH!! ENOUGH!!! Aku nangis lagi sampe waktu itu aku bilang sama bapak dan ibu ku “Udah lah, aku gak mau kuliah! Aku jaga toko aja”. Untung aja bapak dan ibu masih mau memberi semangat kepada anaknya ini (thank you very much!!) untuk tetap kuliah.

8. SPMK-UB dan SMMPTN UNMUL (Encore)

Aku juga ikut SPMK-UB sih buat jaga-jaga. Kalo soal SPMK ini jauh lebih gampang daripada soal SNMPTN (yaiyalah namanya jalur eksekutif gettoohhh) alhamdulillah lancar aja hehe. Terus aku juga ikut SMMPTN UNMUL, ini seleksi terakhir untuk universitas negeri. Seleksi di laksanakan tanggal 25 Juli 2012 berbarengan dengan pengumuman SPMK-UB. Tapi pas tanggal 25 Juli kemaren aku gak buka webnya. Wes trauma aku dengan kata-kata “tidak lolos”, “tidak diterima”, dan lain-lain. Jadi aku buka pengumuman tanggal 26 Juli. Bapak bilang kalo misalnya di UB gak di terima lagi aku di suruh masuk UMM aja. Dengan jantung berdegup kencang dan mengucap bismillah ku ketikkan nomor peserta ku dan akhir nya.......

UB-lulus-pengumuman


Alhamdulillah akhirnya aku lolos. Sedangkan yang di UNMUL aku abaikan aja karena pengumumannya di undur dan jadwal daftar ulang di UB cuman di kasih waktu seminggu. Dan beberapa minggu kemudian aku buka web nya unmul untuk buka pengumumannya dan hasilnya TIDAK LOLOS. tapi kali ini gak pake nangis, wong udah diterima di UB koq hihihi.
Kesimpulannya adalah kita harus selalu berusaha dan berdo’a. Jika kita gagal jangan putus asa, Allah selalu memberi yang terbaik buat hamba-Nya dan juga selalu persiapkan rencana lain jika rencana utama gagal hehehe

108 komentar:

  1. Balasan
    1. Eh ada Muda :)
      oke sekarang kita tinggal melanjutkan perjuangan yang sudah di depan mata hehehe
      makasih udah berkunjung

      Hapus
  2. wah, seneng bgt ya. aku alumni sma tamatan thun ini. SNMPTN undangan aku ga lulus. sbmptn blum thu hasilnya. sebentar lgi aku bakalan ngikutin spmk UB jg. mudah2an hasilny bagus seperti mas miftah amin... n makasih udah bagi2 cerita n pengalamannya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali, Agi
      semoga sukses ya :)

      Hapus
  3. Cerita pengalaman perjuangan masuk PTN favorit ini sangat menginspirasi saya kak Mif Tah.

    Hendra Seftiadi
    Universitas Mulawarman (Lulus jalur SNMPTN 2013)
    Pendidikan Matematika 2013

    BalasHapus
  4. Kak bagi info dong dengan keterangan perincian kategori 1,2,3 di spmk. maksud saya penghasilan ortunya sesuai kategori. soalnya saya mau masuk fk ub lewat spmk dan tipa kategori spfpnya mahal sekali :")
    tolong dibantu ya kak,

    salam, olin

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah daftar ulang? kalo belum nanti pas daftar ulang diminta berkas pengeluaran sama slip gaji orang tua. berkas tersebut nanti digunakan untuk menentukan kategori berapa yang harus di bayar. kalo masih bingung tanya aja. gak papa koq hehe ^^

      Hapus
  5. Kak miftah boleh minta sesuatu yg bisa dihubungin? Saya mira, cerita saya persis sm kaya kk gagal tes dmn mn, tgl 16 ini sy nekat ke malang sendiri mau ikt smpk ub. Kl blh sy mau tny tny ya kak tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kontak aja di Fb saya. facebook badge nya ada di bagian kiri blog ini ^^

      Hapus
  6. om, mata pelajaran yg diuji di spmk ub apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://selma.ub.ac.id/jalur-masuk/seleksi-masuk-akademik/

      bisa di lihat di sana ^^

      Hapus
  7. Ka saya baru mau lulus tahun ini, nemu blognya ini jadi takut gaketerima jalur undangan di UB pengennya sih ambil perawat, tapi takut aduh-_- kira kira saingannya berat gak ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @rafikatul: kalo saingan pasti berat lah wong termasuk PTN favorit. Kamu berdo'a aja, insya Allah lulus koq. Tetap berusaha dan berdoa ya :)

      Hapus
  8. salut kak sma perjuangannya, (y) :)
    bikin nyaliku ciut tpi jga bkin aku makin semangat buat persiapan ujian msuk PTN :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih
      semoga sukses selalu buat kedepannya :)

      Hapus
  9. kak, soal spmk ub nya waktu itu dikumpulin gak? share dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikumpulin, dek
      g boleh di bawa pulang. hehe

      Hapus
  10. Angela Christy1 Juli 2014 21.33

    Kak, wktu spmk diadainnya lgsg d unibraw atau dibagi lokasinya kyak sbmptn?
    Trus soal2 tesnya ada nilai minus ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jaman ku dulu diadainnya cuman di balikpapan, jakarta, sama UB doang. gak tau kalo sekarang

      soal tes gak ada minus-minusan. jadi tenang aja, hehehe

      Hapus
  11. siang mas, mau nanya tentang spmk ub yg dulu mas miftah ikutin. masalah spp, spfp, biaya lain-lain itu sebelum kita tes, calon mhs ngisi sejenis blanko kesanggupan atau langsung daftar biasa baru setelah lulus ngisi blanko sejenis itu? makasih ya mas, mhn segera dibalas. urgent sekali untuk adik saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dulu, saya bayar buat ujian seleksi dulu. terus kalo misalnya udah lulus, entar bayar biaya ospek, almamater dll. selanjutnya entar pas daftar ulang akan diminta slip gaji ortu, struk rekening pengeluaran blan terakhir (listrik, tlpn, dll). nanti untuk biaya spp dll akan di umumkan setelah berkas yg di umpulkan selesai di periksa. kalo dulu sih saya begitu, mbak Rulli

      Hapus
  12. Halo, Kak! Aku baru nemu blog Kakak nih, mau tanya-tanya soal SPMK UB karena kebetulan 22 Juli mendatang aku mau ikut tes di Malang. Tingkat kesulitan soal SPMK UB kalo dibandingkan dengan soal SBMPTN, SIMAK UI, dan UM UGM, gimana ya, Kak? Ada sistem +4, -1, dan 0 nggak? Kalo belajar dari buku-buku soal yang dijual di toko buku, apa cukup ya? Makasih banyak, Kak Miftah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Shanty. Tingkat kesulitan sih menurut ku malah lebih mudah yg SPMK UB. skor cuman salah = 0 benar = 1. saya rasa buku-buku soal diluar udah memberi cukup gambaran buat SPMK dan biasanya sih si sekitaran kampus UB sendiri banyak orang yg jual soal-soal gitu

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. Halo, Kak! Aku baru nemu blog Kakak, mau nanya-nanya soal SPMK UB nih soalnya kebetulan aku akan ke Malang tanggal 22 Juli nanti buat ikut seleksinya. Hmm, tingkat kesulitan soal SPMK UB gimana ya? Kalo dibandingkan sama SBMPTN, SIMAK UI, dan UM UGM? Ada sistem skor seperti ujian-ujian yang aku sebutkan sebelumnya nggak, yang seperti +4, -1, dan 0? Tolong dijawab ya, Kak Miftah. Makasih banyak :)

    BalasHapus
  14. Mau tanya tentang kelanjutan stelah diterima tes SPMK donk Ka ??
    mohon hub saya yaaa:)
    082245244223
    mohon bantuannya kaka:)
    makasih :)

    BalasHapus
  15. ok kak ... sekarang do.ain gw jg ya lolos di spmk ub getoh ...
    kaka jg selalu tk doakan tg terbaik deh ...
    semua ini emg perjuangan kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. semoga sukses ya
      hidup ini memang perjuangan hehehe :D

      Hapus
  16. Praptining Pangerti21 Juli 2014 00.47

    ka punya soal spmk ub 2013 ga? tgl 22 juli saya ikut test ub, doakan ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gak punya, Dek. soalnya dulu di kumpul soal nya. Semoga sukses buat tesnya :)

      Hapus
  17. Wah kak salut sama perjuangan kak Miftah ^^ Nanda jd termotivasi. Makasih ya kak sharenya, doakan Nanda besok tes SPMKnya lancar dan lolos :)

    BalasHapus
  18. Sip banget perjuangannya..
    kak mau nanya klo soal smmptn unmul gampang ato susah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk unmul sih seinget ku gampang haha

      Hapus
  19. Kak soal seleksi itk nya masih ada gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kemaren gak di kasih, dek
      soalnya harus dikembalikan

      Hapus
  20. Soal SPMK UB susah kagak sih? aku ikut SBMPTN tapi mau persiapin juga buat SPMK UB. Mau ambil teknik informatika juga :) masalahnya saya dari SMK (Teknik Komputer dan Jaringan) jadi awam sama pelajaran SMA

    BalasHapus
  21. Kak aku mau tanya2 blh ngga? Tp ngga disini. Email mungkin? Plis bls ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. reach me here miftahashari@gmail.com

      Hapus
  22. Kak saya mau tanya, kalau biaya kuliah masuk ub itu apa mahal kak? Terus untuk ukt mandiri itu apa dibedakan dg ukt jalur lainnya? Kalau waktu kakak dulu berapa? Plisss kak, mohon balasannya ya.. Penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dari jurusannya. kalo jurusan saintek biasanya lebih mahal daripada jurusan sosial humaniora. kalo untuk jalur mandiri gak pake UKT jadi tetep bayar uang gedung sama uang SPP per semester sih menurutku.

      Hapus
  23. curhat dikit kak, aku ditolak masuk sana sini 4x dan itu udah bikin down.. terus lihat blog kakak kayaknya aku harus semangat lagi buat belajar... apakah susah kak masuk SPMK UB? krn aku pengen masuk teknik informatika...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm tergantung sih tapi biasanya lebih mudah yang SPMK walaupun entar biayanya lebih mahal daripada jalur masuk lain. Jangan menyerah dan tetap semangat serta selalu berdo'a dan minta restu orang tua juga. Semoga semuanya diberi kemudahan

      Hapus
  24. kak soal spmk itu sama kayak soal un apa lebih susah?
    terus biaya kuliahnya biasanya beda berapa sama yang dari jalur sbm sama snm? beda jauh gak kak apa cuma beda dikit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya lebih mudah. Untuk biaya kuliah tergantung fakultas yg dituju. Bisa beda banyak, bisa beda dikit

      Hapus
  25. kak boleh share tipe soal spmk ubnya nggak? setipe soal un atau gimana ya? oiya kalo kuota perjurusannya kk tau nggak? makasih kak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang sekali saya gak punya. Kalo mau soal" tahun kemaren bisa di cari koq di google :)

      Hapus
  26. kak kita senasib nih/? wkwk aku udah 2x ditolak ub malah kak:( tapi aku mau ikut spmk ub nih tanggal 28 nanti, aku mau tanya kak emang bener soal spmknya lebih mudah dari soal sbm?._. setara dengan soal un atau lebih mudah? terus bedanya soal ipa sama ipa terpadu apa kak? ohya, penilaian spmk itu beneran benar=1 salah=0? mohon infonya kak, aku butuh bgt ni.. terimakasih banyak sebelumnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah bener koq. Kalo mau download contoh soal googling aja. Ada koq :)

      Hapus
  27. Kk Miftah , soal sbmptn n spmk hmpir sama gak sih , trus enakkan yg mna ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Elisa. Untuk enak atau enggak itu relatif. Kalo aku sih dulu masih lebih mudah yg spmk

      Hapus
  28. kak miftah ambil skripsi di lab apa? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm masih agak bingung. Antara RPL ato KC

      Hapus
  29. kak aku mau ikut spmk ub nih tapi aku dari ipa mau ambil prodi soshum, aku kesulitan sekali cari cari soalnya di google blm nemu sama sekali adanya jurusan ips saja, mungkin kakak tau atau ada yang tau gak? boleh share pliss bgt ka huhu tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang sekali. Tapi kalo kamu sekarang di Malang mungkin kamu bisa datengin ke penjual bank soal di sekitaran UB jalan veteran. Disana biasanya banyak yang jual kalo mau deket ujian" masuk

      Hapus
    2. Tapi ada pembahasannya gk kak ?

      Hapus
    3. Wah kalau itu aku kurang tau...

      Hapus
  30. kak, uang gedungnya UB bisa diangsur ga? atau harus lunas dibayar 1 kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ku harus lunas 1 kali kalo yg spmk. Gak tau kalo yg lain. CMIIW :)

      Hapus
    2. Setau ku harus lunas 1 kali kalo yg spmk. Gak tau kalo yg lain. CMIIW :)

      Hapus
  31. Saya mau sedikit cerita tentang soal ips terpadu, kebetulan saya beli latihan soal spmk ub untuk menuju spmk ub 2015. Jadi menurut pendapat saya soal latihan spmk ub (khususnya ips terpadu) yang saya beli ini lebih susah daripada soal sbmptn soshum. Saya harus membolak balik lagi buku pelajaran untuk mengerjakan soal2 ips terpadu ini, sedangkan saat mengerjakan soal soshum sbmptn tidak spt itu.

    BalasHapus
  32. Kak,mau tanya, soal mandiri ITK itu menurut kaka soal soalnya setaraf sama apa? Simak UI kah, um ugm kah, atau sbmptn?? Makasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITK sekarang buka ujian mandiri ya?

      Hapus
  33. kak soal soal TES ITK sesusah apa ya? sampe kaya soal olimpiade gitu gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Christy, aduh maaf saya lupa
      pokoknya susah. Pake nilai -1 dan +4 gitu

      Hapus
  34. Kak bayarnya mahal ya kalau mandiri .
    Persemester berapa bayarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mahal dek hehehe
      per semester bisa naik terus tergantung jurusan

      Hapus
  35. ka kalo dari smk peluang masuk ub besar ga yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dibalas tadi di IG :D
      terima kasih sudah berkunjung hehehe
      mohon doanya juga supaya saya dipermudah dalam pengerjaan skripsi ya dek :')

      Hapus
  36. Kakk soalnya itu digabung kyk sbm apa per pelajaran ? Khususnya saintek . Terus ada tpa nya ga kakk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. digabung dek hehe
      kalo TPA buat SPMK kayaknya gak ada sih kalo dulu
      gak tau kalo sekarang hehehe

      Hapus
  37. Kak, mau nanya dong, aku kan anak smk, kalau misalnya aku pengen milih jurusan saintek di SPMK UB, itu ntar tesnya IPA aja atau IPC kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf baru buka
      sibuk skripsi dek hehe

      Hapus
  38. Kak saya mau ikut mandiri ub sbntr lagi, tp sya takut ga di trima krna pilihan mandiri saya hanya ub dn sya blm mgikuti mandiri di tmpt lain, peluangnya kalau mandiri untuk tahun ini kira2 susah ga ya?, saya sma nya ipa dan pgen ambil soshum nnti dan kl sya search rata2 passing grade untuk soshum lumayan tnggi kak, dijawab ya kak trimakasih sukses untuk skripsinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan sih 50:50 dek
      kalo bisa tetap belajar dan berdo'a
      tapi menurut komentar di atas nyari soal SPMK yg soshum rada susah ya

      mungkin entar bisa pelajari soal SBMPTN ato soal SPMK taun kmrn yg d jual d sekitar UB

      terima kasih :)

      Hapus
  39. kak, mau nanya kalo di tesnya kan ada tes ipa terpadu nah itu isinya tes ipa apa ya kak? kimia?bio?fisika?mtk? lagi gt kak? tp versi dasar? atau bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kalo aku itu agak lupa dek
      huhuhu

      tp kemungkinan versi dasar

      Hapus
  40. kak.. tanya dong perbandingan uang persemester klo lwat jalur SPMK sbrpa bnyk.. u/ Teknik informatika .. mksih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya 2x lipat dari SPP nya yang jalur reguler
      tp gak tau sekarang brp. paling sekitar 5 jutaan hehe

      nanti ada pengumumannya koq :)

      Hapus
  41. kak mau nanya, bayar spp itu disesuaikan kemampuan orang tua apa tidak? terus spfp nya apa sudah ditentukan nominalnya dari univeristas? terimakasih kak, mohon jawbannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya disesuaikan kemampuan. Nanti ada 3 atau 5 kategori SPP

      besaran uang SPP akan ditentukan waktu pengumpulan berkas saat daftar ulang, dek :)

      Hapus
  42. Hai kak miftah. Kita bener bener bernasib sama, aku asal kalimantan timur ka di berau. jadi kali ini aku mau lanjutin kuliah di Malang dan sekarang aku lg ada di malang. Aku udah 3 kali gagal kak, di SNMPTN aku gagal masuk UB, di SBMPTN aku gagal masuk UM dan aku sempat ikut seleksi di Polnema dan aku juga gagal. aku bener2 down wktu liat aku galolos SBMPTN kemaren. jadi kali ini aku udh daftar ikut SPMK UB sama SMMPTN Unmul ka, denger2 cerita temen2 kk aku yg lolo di jalur mandiri UB, katanya kemungkinan diterima di jalur mandiri UB itu lebih besar ya ka? asal banyak2an duit. kalo penghasilan orangtua ngga besar kita ngga bakalan diterima? bener apa engga ka? terus wktu mau tes SPMK dulu kk belajar apa? aku bingung buat persiapan tes ini ka bener bener udah down banget dan bingung mesti ngapain karna udah didesak sm keadaan dan mulai putus asa. maaf kepanjangan ya ka hehe. thank u kak miftah sukses skripsinya amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah saya bales di tempat lain ya dek hehe :)
      terima kasih

      Hapus
  43. Hai kak miftah. Kita bener bener bernasib sama, aku asal kalimantan timur ka di berau. jadi kali ini aku mau lanjutin kuliah di Malang dan sekarang aku lg ada di malang. Aku udah 3 kali gagal kak, di SNMPTN aku gagal masuk UB, di SBMPTN aku gagal masuk UM dan aku sempat ikut seleksi di Polnema dan aku juga gagal. aku bener2 down wktu liat aku galolos SBMPTN kemaren. jadi kali ini aku udh daftar ikut SPMK UB sama SMMPTN Unmul ka, denger2 cerita temen2 kk aku yg lolo di jalur mandiri UB, katanya kemungkinan diterima di jalur mandiri UB itu lebih besar ya ka? asal banyak2an duit. kalo penghasilan orangtua ngga besar kita ngga bakalan diterima? bener apa engga ka? terus wktu mau tes SPMK dulu kk belajar apa? aku bingung buat persiapan tes ini ka bener bener udah down banget dan bingung mesti ngapain karna udah didesak sm keadaan dan mulai putus asa. maaf kepanjangan ya ka hehe. thank u kak miftah sukses skripsinya amin :)

    BalasHapus
  44. wah alhamdulilah ya mas, aku takut kalo mandiri ntar kegeser sama anak anak yg pake duit, tapi abis baca cerita masnya jadi semangat buat belajar lagi hehe

    BalasHapus
  45. Kaa miftah pas ngisi data pendaftaran spmk ada suruh masukin nilai un nya ga ka? Atau harus lulus semua matpel yg di un kan
    Terimakasi kaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu ku sih enggak pake nilai UN dek

      terima kasih :)

      Hapus
  46. kak mau tanya
    kalau udah masuk jalur Mandiri,cara ngilangin tanggungan uang pangakl bagaimana?
    bisa di cicil uang pangkalnya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk uang pangkal tergantung kebijakan universitas / fakultas, dek. Namun jika mengajukan keringanan harus mengumpulkan berkas-berkas yang mendukung

      nanti bisa hubungi fakultas yang dituju
      terima kasih :)

      Hapus
  47. kak mau tanya
    saya berminat mau coba selma ub kak
    nah di ub itu ada uang bangunan
    kalau kita sudah masuk.terus rencana mau dapatin beasiswa di semester 2 apa bisa dengan dapat beasiswa itu uang bangunan bisa di hapus kak?

    respon nya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya jawab di atas dek hehe :)

      Hapus
  48. kak saya mau tanya ni, sistem untuk penilaian spmk tahun 2016 gimana ya? sama spt sbm yang ada - dan + atau berbeda? terimaksih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah tidak ada nilai -
      terima kasih :)

      Hapus
  49. Ka,kalau yg dri jalur mandiri itu uang per semesternya kita sama nggak dengan yang dari jalur SBM cuman yang dari jalur mandiri kita bayar uang bangunan untuk pertama kali masuk gitu nggak Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda dek
      uang SPP tiap jalur masuk berbeda
      untuk mandiri bayar uang gedung juga cuman kalo SBMPTN sama SNMPTN bayar UKT aja

      Hapus
  50. Kak soal spmk ub sama soal sammptn unmul susah mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih susah SPMK
      cuman buat keduanya masih lebih mudah drpd SBMPTN

      Hapus
  51. wahh makasi kak ceritanya bikin tambah semangat hehehe...
    tgl 19 ini saya rencananya ikut smpk ub juga kak.. doain ya kak :)
    oiya kak mau nanya untuk bayar uang kuliah smpk itu pakai sumbangan + spp kan ya, ada tambahan bayar kayak uang ospek dll gitu nggak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat DIan
      untuk SPMK pas semester pertama bayar uang gedung + uang SPP + uang ospek. untuk semester 2 hanya bayar uang spp aja

      Hapus
  52. Kak aku jg mau ikut selma nih, kakak lagi di malang? Butuh info tempat kos"an permalam kakk. Bantu dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku lg di Balikpapan dek
      coba cari di asrama UB ato d UB hotel/ d SMK 8 Malang yg di depan UB

      Hapus
  53. Hai kak saya yoga.Kak apakah adaa pelajaran yg harus di bagusin kak dlm mengisi soalnyaa apaa semuaa rataa kak ?
    Misalnyaa kaloo mau masuk teknik apakah fisika samaa b.inggris harus bagus gituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Yoga.
      kayak nya tidak harus sih
      asal semua jawaban terisi dengan benar peluang kelulusan bisa besar
      terima kasih :)

      Hapus