Minggu, 17 Maret 2013

Perjuangan Masuk Universitas (Bagian 1)

Halo. . . akhirnya bisa posting juga nih. Well, pada kesempatan kali ini aku ingin menceritakan pengalaman ku untuk masuk ke perguruan tinggi. Oke tanpa babibu lagi kita mulai
  1. Daftar jalur snmptn undangan
Perjuangan pertama adalah daftar snmptn jalur undangan. Dulu kalo gak salah aku biaya registrasinya itu sekitar 80rb soalnya para siswa gak nginput data, jadi mereka terima beres aja sih. Pilihan ku dulu yaitu:
Universitas Brawijaya:
a.       Teknik informatika
b.      Teknik komputer
Universitas Mulawarman:
a.       Ilmu komputer
b.      Farmasi
Dulu optimis banget milihnya hihihi.
  1. UAS dan UN
Nah ini adalah puncaknya perjuangan untuk lulus SMA. Aku di sini sudah berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan setiap mata pelajaran yang di ujikan. Alhamdulillah semua di beri kemudahan oleh Allah

  1. STIS
Setelah menyelesaikan UN, bapak menyarankan aku untuk ikut USM-STIS. Kata beliau kalau masuk STIS itu bebas SPP terus kalo gak salah setiap bulan dapet tunjangan, enak kan? Hehehe abis itu kalo sudah lulus bisa langsung jadi CPNS di BPS. Oke lah aku turutin perintah orang tua hehehe. Tanggal 11 Mei aku berangkat ke Samarinda sendirian untuk pertama kalinya. Pertamanya takut-takut juga sih tapi gentak aja hahaha. Tanggal 12 Mei tepatnya lupa jam berapa, pokoknya pagi lah, ujian di mulai, soal terdiri dari 3 kategori, yaitu matematika, bahasa Inggris, dan pengetahuan umum. Sistem pengurangan nilai masih berlaku (salah = -1, benar = +4). Soal metik nya masya Allah, susahnya amit-amit jabang baby, bahasa inggrisnya juga gitu , terus yang aneh itu pas pengetahuan umum. Kan kalo mau ikut USM-STIS itu harus anak SMA jurusan IPA tapi kenapa pas di soal pengetahuan umum itu malah keluar pelajaran EKONOMI? Aneh. Ya sudah akhirnya aku pasrah aja dan berusaha mengerjakan sebaik mungkin. Hari jum’at, tanggal 25 Mei 2012 jam 06:00 WITA pengumuman udah keluar. Aku download pengumumannya yang berbebentuk pdf. Nah, nama peserta yang lulus tidak ditampilkan, hanya nomor pesertanya aja yang di tampilkan. Setelah aku cari-cari nomor peserta ku, sampe berkali-kali, ternyata oh ternyata, nomor peserta ku tidak tercantum dalam daftar kelulusan dan itu berarti kalo aku TIDAK LULUS. Sedih sih tapi sedihnya cuman sebentar aja soalnya kan masih ada jalur undangan hehehe (masih optimis)

  1. Sabtu 26 Mei 2012 (pengumuman kelulusan dan SNMPTN Undangan)
Ini dia hari yang ditunggu-tunggu. Pengumuman kelulusan. Sempet degdegan juga sih sehari sebelumnya, tapi pagi itu pas aku baca koran dan liat berita kalau anak-anak SMA N 5 Balikpapan lulus 100% hati ku jadi agak tenang hehehe. Kemudian siang harinya, bapak dan aku pergi ke sekolah untuk mengambil pengumuman sekaligus SKHU. Aku dan teman-teman langsung berkumpul dan nyoret-nyoret baju karena sudah tau kalau seluruh siswa SMA N 5 lulus 100%. Rasanya senang sekali. Namun semua itu berubah ketika waktu telah menunjukkan pukul 19:00 WITA. Ketika aku membaca twit temenku yang mengatakan bahwa dia lulus jalur undangan. Ha? Secepat itu kah pengumumannya? Ekspetasi ku, pengumumannya itu hari senin tanggal 28 Mei 2012. Oke lah, buru-buru aku nge-check web SNMPTN dan login. Dan ternyata saya TIDAK LULUS, sodara-sodara!!!! Nangis? Iya lah. tapi cuman bentaran doang hihihi. Soalnya temen-temen ku juga banyak yang gak lulus. Kesalahan ku di sini adalah tidak menyiapkan plan B yaitu bimbel SNMPTN. Andaikan dulu aku ikut bimbel dan punya plan lagi mungkin aku jadi gak begitu sedih. Yaudah lah, nasi udah jadi bubur. Mau di apain lagi? Oke next...

  1. 30 Mei – 13 Juni 2012 (Go to Samarinda immediately, Persiapan SNMPTN)
Tanggal 30 Mei, atas permintaan bapak ku, akhirnya aku ke Samarinda untuk mengikuti bimbingan, selama beberapa hari aku tinggal di tempat temen ku, namanya Soni (thank you, mas udah ngasih tempat tumpangan hihihi), dia juga yang ngajarin aku matematika. Setelah itu,  aku mengikuti bimbingan intensif selama kurang lebih 10 hari di ASMABA (Asrama Mahasiswa Balikpapan). Di sinilah aku pertama kali hidup di asrama dan belajar menjadi single fighter di kampung orang (eciee bahasa nya) hehehe. Selama di sana kegiatan ku ya belajar dan lain-lain. Pokoknya asik dah . Tanggal 12-13 Juni adalah waktu yang menegangkan, puncak SNMPTN. Tempat aku ujian di perpustakaan UNMUL, tepatnya di ruang besar lantai 3. Ini pilihan ku waktu SNMPTN:
Universitas Brawijaya: Teknik informatika
Universitas Mulawarman : Ilmu komputer
Hahaha kayaknya dari awal koq ke UB terus ya? Entahlah kenapa hihihi. Soal pas SNMPTN itu masya Allah susahnya ampun-ampunan dah. Mana masih pake sistem pengurangan nilai pula L. Aku pasrah aja dah waktu itu. Pas tanggal 13 Juni abis ujian aku langsung pulang ke Balikpapan. Udah kangen banget sama orang-orang rumah. Maklum baru pertama kali merantau hihihi.

  1. 6 Juli 2012 (pengumuman SNMPTN)
Yaaaaa pengumuman SNMPTN kali ini di percepat satu hari. Yang aslinya tanggal 7 Juli 2012 (sama kayak ultah ku hehe) di majukan jadi tanggal 6 Juli 2012. Jantung udah degdegan nih mau buka web SNMPTN. Mana waktu mau buka itu connection timed out mulu. Akhirnya setelah beberapa lama refresh dan menunggu, akhirnya kebuka juga itu web. Dengan mengucapkan kalimat basmalah aku ketik nomor peserta dan tanggal lahir ku. Dan JENGJENGJENGJENG ternyata aku TIDAK LULUS lagi, kawan-kawan.

snmptn-tidak-lulus


 Nangis lagi? Iyaa (dasar pria lemah) untungnya aku punya kedua orang tua dan kakak yang selalu dukung aku (thank you so much, I looooooove y’all). Besoknya pas hari ultah ku rasanya basi banget L. Sampe sempet sakit juga selama beberapa hari.  But life must go on... masih banyak jalan menuju Moskow. Jika 1 pintu tertutup pasti masih ada pintu lain yang terbuka. Dan aku percaya Allah selalu memberi yang terbaik buat hambanya

(bersambung...)

2 komentar:

  1. ya Allah.. kok sama kayak yg aku alami sekarang :""( bismillah masih ada jalan lain yg bisa dilakukan ^^ Allah pasti punya yg terbaik :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya. Jangan bosan buat berusaha dan berdo'a aja gan :)

      Hapus